MUSYAWARAH DESA (MUSDES), PERENCANAAN PEMBANGUNAN DESA TAHUN 2024

  • Jul 04, 2023
  • Admin Tegalbadeng Timur

Musyawarah Desa Atau disingkat dengan Musdes merupakan langkah awal dalam pembangunan Desa di tahun anggaran yang akan datang. Musdes ini juga merupakan Forumnya Badan Permusyawaratan Desa (BPD) sebagai mitra kerja Pemerintah Desa.

Musdes di Desa Tegalbadeng Timur dilaksanakan pada hari Selasa, 04 Juli 2023, pukul 10:00 Wita s/d Selesai, bertempat di Aula Kantor Desa Tegalbadeng Timur, pelaksanaan Musdes di hadiri oleh :

  1. Perbekel Desa Tegalbadeng Timur
  2. Ketua & Anggota BPD
  3. Pendamping Desa
  4. Tokoh adat/agama/masyarakat
  5. LPM
  6. PKK/ Unsur perempuan
  7. STT/ Remaja Masjid
  8. Kelompok tani
  9. Kader Posyandu/ BKB/ Lansia
  10. Kepala/ Guru PAUD
  11. Pengurus BUMDes
  12. Juru arah se-Desa Tegalbadeng Timur

Musyawarah Desa wajib diselenggarakan oleh Badan Permusyawaratan Desa untuk mendiskusikan dan memutuskan hal-hal strategis desa. Ada hal strategis desa yang harus dibahas ketika muncul dan atau dibutuhkan desa  seperti pemberian aset desa. Ada masalah strategis yang harus dibahas secara  tahunan yaitu menetapkan prioritas  belanja desa berdasarkan kebutuhan masyarakat dan pertanggungjawaban pelaksanaan pembangunan kegiatan tahun sebelumnya.Musyawarah desa diselenggarakan BPD dengan sumber pendanaan dari APBDesa.Musyawarah Desa sangat penting dalam mewujudkan demokrasi berlandaskan musyawarah dimana keputusan-keputusan penting menyangkut kehidupan warga desa tidak hanya diputuskan oleh pemerintah desa melainkan oleh seluruh komponen masyarakat. Dan sesuai dengan tahapannya.